Searching...

Info Unik Lainnya

Monday, December 21, 2015

Rajin Buang Angin Tunjukkan Anda Lebih Sehat Lho...

5:18 AM

Ya, membuang angin di tempat umum tergolong memalukan. Tapi jangan takut dulu, membuang angin bisa jadi pertanda kalau Anda memiliki pola makan yang sehat.

Menurut ahli kesehatan, rutin buang angin merupakan tanda kesehatan yang baik. Karena angin bisa keluar, mencegah kembung.

"Kita lihat mereka yang sering makan bijian utuh akan lebih sering kembung hingga sering mengeluarkan angin," ujar Stine Vuholm dari University of Copenhagen, Denmark. Sebaliknya mereka yang jarang makan biji-bijian justru sering mengalami bengah di perutnya dan kelelahan sepanjang hari.



Makanan bijian utuh berarti seluruh bagian esensial dan nutri alaminya terlahap tubuh. Pada makanan yang bukan bijian utuh biasanya beberapa bagiannya yang justru mengandung serat dan vitamin dihilangkan. 

Studi terbaru dilakukan melibatkan 75 orang untuk menganalisa dampak biji-bijian utuh bagi perut. Komparasi dilakukan dengan membagi kelompok studi ke pemakan biji-bijian utuh dan tidak.

Mereka yang makan biji-bijian utuh (whole grains) memperhatikan kalau makanan mereka butuh waktu untuk berkelana di pencernaan, dibanding mereka yang hanya makan gandum. Vulholm mengatakan, sebenarnya rajin ke toilet untuk buang angin terkesan tidak menyenangkan. Tapi sesungguhnya itu adalah tanda kesehatan yang baik.

"Secara sosial tidak nyaman. Tapi sangat baik untuk bisa mengeluarkan udara. Jika gas dari pencernaan bisa keluar Anda terbebas dari sakit perut yang menyebabkan perut begah."

Studi lain menyebut, memakan biji-bijian utuh bisa menurunkan risiko sakit jantung, stroke, diabetes tipe dua, dan bisa membantu mengatur berat badan, dikutip dari Times of India, Rabu (16/12).

sumber: Republika

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...